Berwisata Outbound Di Malang Ke Puncak Tertinggi Di Pulau Jawa

Gunung Semeru adalah salah satu titik tujuan favorit para pendaki, apa saja ya fakta menarik dari Gunung Semeru? Gunung ini adalah salah satu gunung berapi di Pulau Jawa yang memiliki ketinggian sekitar 3.676 meter di atas permukaan laut. Gunung Semeru terletak di Kabupaten Lumajang dan Malang, Provinsi Jawa Timur.

Banyak orang yang ingin berwisata outbound di Malang ke puncak tertinggi Pulau Jawa ini karena panorama yang dimilikinya sangat menakjubkan. Selain itu juga terdapat beberapa fakta menarik yang semakin memancing antusiasme para pendaki. Apa saja? yuk simak penjelasannya berikut ini.

Keindahan Puncaknya Yang Terlihat Dari Bawah

Saat berada di posisi bawah, para pendaki dapat melihat bagaimana puncak Mahameru yang berdiri dengan megahnya. Selain puncak Mahameru, pemandangan lain yang juga terlihat adalah bekas lahar panas dari erupsi Semeru. Bekas-bekas lahar yang nampak hitam tersebut semakin membuat Semeru eksotis dan membuatnya semakin indah.

Memiliki Sejarah Yang Unik

Gunung Semeru memiliki kisah unik yang tertulis di dalam Tantu Pagelaran. Dalam tulisan tersebut disebutkan jika Gunung Semeru dulu dipindahkan para dewa dari India sebagai penyeimbang untuk Pulau Jawa yang terombang-ambing di lautan. Karena kisah ini pula Gunung Semeru disebut dengan Paku Jawa.

Pendakian Dimulai Dari Ranu Pani

Ranu Pani adalah sebuah danau yang letaknya berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Para pendaki yang akan memulai pendakian dari danau ini sekaligus menjadi lokasi untuk melakukan perijinan pendakian ke Gunung Semeru.

Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa

Fakta bahwa Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa semakin membuatnya menjadi saya tarik utama bagi para pendaki. Bukan hanya sebagai titik tertinggi di Pulau Jawa Saja, Gunung Semeru bahkan masuk ke dalam salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Memiliki Danau Yang Mempesona Bernama Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo terletak di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Danau ini menjadi salah satu post peristirahatan bagi para pendaki, karena di sinilah biasanya banyak pendaki mendirikan tenda. Keindahannya pun tidak perlu diragukan, biasanya banyak pendaki yang menghabiskan malam di sini untuk mengisi energi sebelum melanjutkkan perjalanan.

Itulah beberapa fakta menarik dari gunung yang diabadikan dalam sebuah lagu Dewa 19 yang berjudul Mahameru ini. Walaupun menjadi salah satu tempat wisata di Malang yang paling banyak diincar oleh pendaki dari seluruh Indonesia. Sudah selayaknya jika kita turut melestarikan dan menjaga kebersihannya.

Jangan sampai pesona Gunung Semeru yang namanya terkenal hingga mancanegara ini ternoda dengan sampah-sampah yang banyak ditinggalkan di gunung. Belum lagi ulah jahil orang tidak bertanggung jawab yang merusak kelestariannya.

Biarlah Gunung Semeru tetap lestari hingga keindahannya dapat dinikmati oleh anak cucu nanti. Biarkan ia tetap nampak gagah tanpa ada luka dari garukan dan longsoran akibat manusia yang tidak tau malu menebang pohon dan menggunduli hutannya. Biarkan Semeru tetap abadi sebagai Paku Jawa tanpa ada tangan-tangan kotor yang mengusik dan mengotorinya.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *