Mendaki Gunung Di Malang

Malang salah satu kota sebagai arah wisata di Jawa Timur. Dengan tempat geografisnya dikelilingi oleh pegunungan, tidak mengejutkan jika Malang jadi tujuan buat beberapa pendaki. Nah, berikut ini ada banyak gunung di Malang serta sekelilingnya yang dapat kamu telusuri.

Gunung Arjuno

Meskipun banyak menyiarkan narasi mistis, Gunung Arjuno tawarkan pemandangan menarik dari beberapa sudutnya. Gunung satu ini ada di samping barat laut Kota Malang dengan ketinggiannya capai 3339 mtr. di atas permukaan laut. Umumnya beberapa penggemar alam seringkali jadikan gunung ini jadi tempat pendidikan fundamen. Ada 3 jalan pendakian di Gunung Arjuno, yakni jalan Batu, Tretes, serta Lawang. Tapi jalan Tretes telah masuk ke daerah Kabupaten Pasuruan, walau demikian, umumnya pendaki mempunyai jalan Tretes ini. faktanya, bila melalui Tretes dapat sekaligus mendaki ke Gunung Welirang, sebab persimpangan jalan di antara Gunung Arjuno serta Welirang ada di shelter pondokan yang dilalui waktu mendari dari jalan Tretes.

Disamping itu, jalan Tretes mempunyai keuntungan buat pendaki, diantaranya pada setiap shelter ada sumber air yang melimpah. Gunung ini mempunyai pucuk namanya Ogal-agil, yang dahulu ada batu di bibir kawah yang jika terserang tiupan angin akan bergoyang. Oleh karena itu puncaknya dinamakan Pucuk Ogal-agil.

Gunung Welirang

Tempatnya masih ada pada sebuah teritori dengan Gunung Arjuna, oleh karena itu banyak pendaki langsung melanjutkan pendakian di ke-2 gunung itu pada sebuah peluang. Tidak sama dengan Gunung Arjuna yang tidak aktif, gunung setinggi 3156 mtr. di atas permukaan laut ini ialah gunung berapi aktif yang tetap memuntahkan asap serta cairan belerang.

Banyak pula masyarakat yang profesinya untuk penambang belerang yang akan bawa hasil tambangnya ke shelter Pondokan yang sekaligus juga jadi rumah mereka semasa beberapa waktu semasa menambang. Setelah itu belerang itu akan diangkut oleh mobil Jeep yang naik sampai ke shelter Pondokan. Jalan pendakian Tretes ini sendiri sebetulnya adalah track mobil Jeep buat penambang belerang.

Oleh karena itu tidaklah heran jika mendaki ke Pucuk Welirang sering berpapasan dengan beberapa penambang. Untuk pendaki, sebaiknya untuk memprioritaskan mereka terlebih dulu, mengingat hasil tambang belerang yang dibawa benar-benar berat.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *