MAKANAN KHAS ASLI MALANG

Malang adalah salah satu kota terbesar kedua di Jawa timur. Dengan segi pemandangan dan kenyamanan seperti di Bandung. Yang mempunyai hawa yang sangat sejuk dan pemandangan yang sangat indah untuk menarik pengunjung yang berwisata ke Kota Malang ini. Kalau bicara tentang makanan atau kulinernya yang sangat enak ini. Berikut ini beberapa makanan asli malang :

1.Bakso Malang

Bakso ini sudah menjadi ikon makanan khas malang hingga bakso yang dari malang ini sudah menyebar di Indonesia semua. Penjualnya mulai dari pedagang kaki lima,kios,kedai,warung dan lainnya.

Bakso  malang ini dalam satu porsi ada beberapa macam mulai dari tahu kuning,tahu putih,mie kuning,bihun siomay dan goreng. Kuah nya sangat khas sekali atau sangat lezat sekali sehingga membuat ketagihan memakan bakso ini.  

2.Orem Orem

Kota Malang dikenal dengan tempenya yang sangat melimpah. karena itu, anda wajib mencoba makanan khas Malang yang terbuat dari bahan dasar tempe dan tahu khas Malang ini. Orem-orem adalah salah satu contoh kuliner asli Malang yang menggunakan bahan dasar sajian berupa tempe dan tahu. Dahulu, orem-orem hanya disajikan pada waktu-waktu tertentu, biasanya ketika nikah dan syukuran atau kajatan. Masuk pada tahun 1980, orem-orem mulai dijual di warung makan tradisional.

Orem-orem merupakan hidangan berkuah yang menyajikan irisan tempe goreng tahu goreng yang sudah dibumbui bersama ayam. menyajikan orem-oremnya dilakukan di dalam mangkuk yang berisikan irisan tempe,tahu dan ayam, dan kuah kental yang gurih dari santan. Rasa dari kuah orem-orem hampir sama seperti sayur lodeh, tapi lebih pedas dan bisa ditambah dengan kecap manis serta sambal. Agar makanan orem orem ini lebih mengenyangkan perut, maka warga Malang kerap menyantapnya bersama ketupat atau lontong dan tauge.

3.Bakso Bakar

Saat ini orang yang tidak mempunyai keahlian dalam bidang kuliner bisa melakukan kreasi pada beragam makanan untuk dijadikan makanan yang unik dan khas. Seperti di Malang, ada bakso bakar yang  sudah dianggap sebagai makanan khas Malang yang terkenal. Pertama kali bakso bakar ini diperkenalkan oleh Soeparman, biasa dipanggil pak Man, di warung Bakso Bakar Pak Man miliknya yang berlokasi di Jl. Diponegoro No. 19 A, Malang.

Dalam Kehadiran warung bakso milik pak Man menambah kuliner kota Malang. Bakso bakar yang disajikan oleh pak Man mempunyai ragam cita rasa yang sangat khas , dari bakso rebus hingga bakar ada, tetapi yang paling digemari adalah bakso bakarnya. Karena, bakso yang dibakar aroma nya yang lebih sedap, apalagi bila disantap rasanya pasti enak sekali. Selain itu, pak Man juga memberikan level kepedasan pada bakso bakarnya, mulai dari level tidak pedas, sedang, hingga sangat pedas.

4.Sate Kelinci

Apakah umak pernah mengunyah atau memakan dan merasakan cita rasa sate kelinci ini gaes? Jika belum yuk buruan away ke Malang sekarang juga, jangan sampai kamu melupakan salah satu makanan khas Malang berupa sate kelinci. Sate kelinci menjadi salah satu sajian kuliner yang selalu menjadi buruan para wisatawan yang datang ke Malang, terutama ke Kota Batu. Di sepanjang jalan yang menghubungkan Malang – Batu atau di Jl. Patimura No.126, Temas, Kota Batu dan ada banyak restoran atau rumah-rumah makan yang menjajakan menu sate kelinci.

Dilihat dari tampilannya, tak ada yang berbeda antara sate kelinci dengan sate daging ayam kambing dan lainnya. Selain itu juga dari bumbu, sate kelinci hanya juga sama menggunakan bumbu kacang, di mana banyak jenis sate yang juga menggunakan bumbu kacang. Tapi yang menjadikannya lebih istimewa adalah penggunaan daging hewan yang tak biasa, yakni daging kelinci. Sate kelinci biasanya disajikan bersama lontong atau nasi hangat.

Yuk buruan beli makanan khas malang ini gaesss !!.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *